Saturday 16 April 2016

Sarjana Teknik sipil bisa menjadi Arsitek


Sarjana Teknik sipil bisa menjadi Arsitek


Apakah alumni sarjana teknik sipil bisa menjadi arsitek? ini merupakan pertanyaan yang mungkin banyak dihadapi para Insinyur bangunan yang dihadapkan pada kenyataan bahwa masyarakat lebih mengenal profesi Arsitek dibanding Teknik sipil. ini adalah sebuah contoh curhat dari seorang lulusan Sarjana S1 teknik sipil yang kebetulan lebih menyukai arsitektur, mari kita simak.   

Curhat teknik sipil 

Nama dirahasiakan : Assalamualaikum, Mohon pencerahan, saya seorang sarjana teknik sipil yang berpengalaman kurang lebih 3 tahun. kebetulan bekerja di konsultan, dulu sewaktu kuliah sebetulnya saya mempunyai minat yang dominan lebih ke arsitek, tetapi saya lanjutkan untuk lulus s1 sarjana sipil karena takut mengecewakan ortu saya. 

Hingga pada akhirnya saya coba terus berkarir dibidang teknik sipil tetapi seiring berjalannya waktu, saya separti setengah-setengah menjalani karir saya. 

Dalam hati kecil saya selalu berbicara bahwa “passion” saya di bidang arsitek saya suka gambar-gambar visual, musik, art, desain interior. walaupun saya lulus Teknik sipil dengan IPK diatas 3, tapi ternyata saat itu secara tidak sadar vision saya hanya mengejar nilai, hingga pada saat aplikasi dilapangan nilai itu tidak berarti apa-apa karena dorongan passion itu begitu kuat. 

Maaf sebelumnya mungkin tidak tepat untuk saya sharing tentang ini, tapi mudah mudahan saya dapat beberapa masukan dari orang-orang yang saya kira akan ada masukan bagus, terima kasih sebelumnya. salam sukses. wasalam   


Jawaban 

Sebelumnya kita ucapkan terimakasih kepada yang telah memberikan pertanyaan diatas ( nama dirahasiakan ), karena pertanyaan tersebut mungkin banyak dihadapi oleh teman-teman kita yang lain, pada intinya dapat disingkat menjadi “Apakah alumni Sarjana teknik sipil bisa menjadi Arsitek? jawabanya tentu saja bisa. abaikan saja pola pikir masyarakat umum dan peraturan pemerintah yang sekiranya menghambat terwujudnya cita-cita selama harapan itu masih dalam kategori baik. Semangat mencari ilmu baru dan melakukan coba-coba pasti membuat alumni teknik sipil menjadi arsitek yang lebih hebat dari alumni arsitek sebenarnya, karena selain menguasai ilmu arsitektur juga sudah punya dasar teknik sipil bagus, berikut ini beberapa ilmu yang perlu diperdalam untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Cara Agar alumni Teknik sipil bisa menjadi Arsitek 

Sangat mudah namun mungkin cukup sulit untuk melakukan kecuali benar-benar mempunyai tekad yang kuat dan keyakinan tinggi bahwa bisa berhasil. 

1. Belajar ilmu arsitektur secara mandiri, ikut kursus atau kuliah lagi mengambil jurusan teknik arsitektur. ilmu yang dipelajari seperti teknik gambar bangunan, teknik perencanaan dan ilmu lain yang bermanfaat.
2. Bekerja diperusahaan yang bergerak dibidang arsitek, karena guru paling berharga adalah pengalaman. disana proses belajar mengajar bukan hanya sebatas bahasa dan kata-kata namun berupa contoh langsung. 
3. Banyak berdoa kepada Tuhan YME yang tahu mana jalan terbaik bagi setiap ciptaanya, bisa jadi ia tidak memberikan yang kita inginkan namun pasti memberikan apa yang kita butuhkan. ingat tidak ada selembar daun jatuhpun kecuali sudah direncanakan oleh Tuhan. setiap planet berjalan pada orbitnya, bumi berputar pada porosnya, atom berputar  mengelilingi inti atom, begitu juga manusia punya takdir tersendiri. 
4. Melakukan promosi bahwa sebagai sarjana teknik sipil bisa melakukan pekerjaan sebagai arsitek. 
5. Membuka usaha dibidang arsitektur, ketika menjadi pengusaha maka diri manusia diperluas. maksudnya apa yang tidak bisa dilakukan oleh diri sendiri bisa meminta bantuan kepada orang lain seperti merekrut karyawan atau membuka lowongan arsitek freelance. 
6. Banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan tergantung semangat, kreatifitas dan keyakinan kuat dalam mewujudkan apa yang menjadi harapan.   

Jadi apakah sarjana teknik sipil bisa menjadi arsitek? Bagi teman-teman lain yang hendak memberikan masukan berbeda, menambahkan jawaban yang sudah ada atau bahkan mengkritik jawabanya bisa ditulis disini 

Sumber: ilmusipil.com

No comments:

Post a Comment