Wednesday 13 April 2016

Memanfaatkan google untuk kelancaran proyek konstruksi

Memanfaatkan google untuk kelancaran proyek konstruksi 


Halo sahabat ilmusipil, kali ini kita ungkap rahasia tersembunyi tentang apa saja manfaat google sebagai alat untuk kelancaran aktifitas proyek konstruksi. google bukan hanya digunakan untuk alat pencarian di internet saja, tapi ada banyak produk lainya yang apabila kita gunakan dengan baik maka akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perencanaan, pelaksanaan maupun pemeliharaan proyek bangunan, misalnya kita bisa membuat site plan proyek dengan google maps tanpa harus melakukan foto udara memakai helikopter, drone atau balon udara. komunikasi dengan supplier, pemborong, kontraktor, owner, perencana dan pihak-pihak yang terkait dalam pelaksaan proyek bisa memakai sarana email gmail. kita juga bisa mengadakan rapat proyek secara online memakai google hangouts. Tentunya masih banyak lagi fasilitas bermanfaat lainya yang bisa dipakai untuk mendukung kegiatan proyek, jadi perlu kita gali lebih jauh agar bisa memanfaatkanya dengan baik. berikut beberapa diantaranya.  

Macam – macam manfaat google untuk proyek konstruksi google 
google untuk proyek konstruksi
untuk proyek konstruksi 

Google search untuk mencari ilmu penunjang pelaksanaan proyek 

Bingung menentukan metode kerja terbaik, cari brosur alat berat, cari foto untuk bahan presentasi? kita bisa menemukanya di dunia internet melalui google search. 

Google maps untuk membuat site plan lokasi proyek konstruksi 

Dalam mengatur manajemen site plan proyek, kita perlu menentukan dimana lokasi TC, pintu gerbang, jalur lalu lintas, direksi keet, barak pekerja, dll, untuk itu menggunakan peta satelit dari google maps akan sangat membantu. 

Google Gmail untuk kelancaran komunikasi proyek konstruksi 

email bisa digunakan untuk pengiriman surat penawaran harga dari supplier kepada kontraktor, menyebar undangan rapat proyek, upload file pekerjaan, dan yang lainya. 

Google blogger untuk berbagi ilmu proyek di dunia internet 

Sangat disayangkan apabila berbagai inovasi yang dihasilkan selama pelaksanaan proyek tidak di dokumentasikan dan disebarluaskan penggunaanya, untuk itu kita bisa memakai blog sebagai sarana untuk memposting tulisan, foto, video maupun file-file yang mendukung pekerjaan. 

Google adsense sebagai sumber penghasilan sampingan karyawan proyek 

Kita bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari program periklanan adsense yang dipasang di blog bermanfaat yang kita buat. bahkan penghasilnya bisa jauh lebih tinggi diatas gaji bulanan. 

Google hangouts untuk mengadakan rapat proyek online 

Pelaksanaan proyek yang dikejar-kejar target seringkali tidak mengenal waktu, tapi kita juga punya aktifitas diluar proyek yang juga harus berjalan dengan baik. solusinya bisa memanfaatkan google hangouts untuk mengadakan rapat jarak jauh secara online. 

Google adwords untuk pemasaran proyek konstruksi 

ini akan sangat berguna bagi divisi pemasaran kontraktor yang bertugas mencari proyek baru, atau bagi developer yang hendak menjual poperty, kita bisa membuat iklan adwords untuk menjaring banyak konsumen.

Google translate untuk menerjemahkan bahasa asing ke indonesia 

misalnya ketika menemukan brosur material dari supplier berbahasa inggris atau cina yang kita tidak mengerti artinya, maka bisa ditranslate ke bahasa indonesia.   


Tentunya masih banyak produk lain yang muncul seiring dengan berkembangnya perusahaan google, atau ini bisa menjadi peluang bagi yang punya banyak ilmu di dunia pemrograman website, kita tunggu kemunculan berbagai macam software online yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek konstruksi, mari kita pelajari dan memanfaatkanya untuk kelancaran kegiatan proyek konstruksi bangunan.

Sumber: ilmusipil.com

2 comments: