Saturday 16 April 2016

Gelar ST adalah sarjana teknik

Gelar ST adalah sarjana teknik

Gelar ST adalah sarjana teknik di Indonesia pengganti insinyur yang sebelumnya telah banyak dikenal oleh masyarakat. apa saja keahlian yang dimiliki oleh sarjana ST? disini kita akan coba menguraikanya lebih dalam, dengan harapan dapat menjadi sedikit pencerahan bagi yang kebetulan belum mengetahuinya dan penasaran tentang gelar ini, bagi yang sudah tahu juga bisa menambahkan ilmunya disini supaya bisa lebih lengkap dan jelas tentang apa yang ingin kita uraikan, baiklah mari kita mulai. 

Bidang keahlikan yang memakai gelar ST 

  • Teknik sipil 
  • Teknik arsitektur 
  • Teknik mesin 
  • Teknik elektronika 
  • Teknik listrik 
  • Teknik industri 


Semua jurusan tersebut dikampus berdiri dalam satu kesatuan naungan fakultas teknik. 
sarjana teknik ST
Contoh pemakain gelar ST, dituliskan dibelakang nama yang telah menyelesaikan jenjang studi sarjana teknik dan berhak menyandang gelar tersebut.
 Ilmusipil ,S.T.  

Melihat dari macam-macam bidang keilmuan tersebut yang tentunya berbeda antara yang satu dengan lainya, namun semuanya memakai gelar ST. melihat kondisi ini nampaknya rawan terjadi kerancuan dan masih ada pertanyaan dari masyarakat ketika melihat nama seseorang bergelar ST, pertanyaanya adalah apa jurusan kuliahnya? apakah mesin atau teknik sipil. bisa jadi kita ingin minta tolong perencanaan struktur bangunan pada seseorang yang bergelar ST, namun setelah ditanya lebih jauh ternyata lulusan teknik mesin. kalau begini bisa repot jadinya lalu apa solusinya? entahlah, barangkali ada yang punya ide bagus atau suatu saat nanti akan ada perubahan nama gelar masing-masing jurusan teknik tersebut. misalnya teknik mesin bergelar Stm, teknik sipil bergelar Sts, Teknik listrik bergelar Stl, dan yang lainya.   

Setelah kuliah sarjana S1 teknik maka bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana dengan gelar MT yaitu magister teknik, begitulah kurang lebih penjelasan tentang gelar dunia teknik ini, apapun gelarnya yang penting adalah seberapa banyak ilmu yang telah digunakan sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum, apalah artinya gelar berjejer panjang hanya untuk kegagahan atau gengsi saja padahal mau tidak mau suatu saat secara otomatis akan menyandang gelar almarhum 

Sumber: ilmusipil.com

No comments:

Post a Comment